Raja Buah

Durian adalah nama tumbuhan tropik yang berasal dari Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Durian biasa juga dipanggil duren, bukan duda keren lho... dan orang Sunda menyebutnya kadu.

Durian bukan tumbuhan spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga (genus) Durio.
Nama ilmiah durian komersial adalah
Durio zibethinus, dan memiliki jenis, warna dan bentuk buahnya berbeda-beda dari hijau kekuning-kuningan sampe yang warnaya hijau banget, bentuknya juga beda-beda lho mulai dari bujur hingga bundar.

Buah durian juga memiliki wangi yang kuat dan banyak orang menganggap buah durian sebagai buah yang enak. Masyarakat sering menyebutnya "raja buah-buahan".Tapi nggak semua orang menyukai durian karena sangking wanginya kadang bikin puyeng juga. So nggak heran kalo sejumlah perusahaan melarang orang membawa durian, misalnya di kabin pesawat udara, di kendaraan angkutan umum ataupun dibawa ke hotel.


Durian


Tapi untuk orang yang punya penyakit tekanan darah tinggi, kalo bisa hindari makan durian berlebihan  karena buah ini dianggap dapat menambah tekanan pada darah.Sebabnya adalah setiap 100g salut biji mengandung 90kkal meskipun durian juga mengandung vitamin B1, B2 dan vitamin C tapi durian dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak heran kalo durian dianggap makanan panas dan selepas makan kadang kita jadi berkeringat.

Sepertinya segini dulu ulasan tentang durian, buat temen-temen yang mo nambahin silahkan. Durian ini saya tulis berdasarkan permintaan ivan@mobii yang katanya lagi ingin makan durian. Buat ivan kalo makan durian jangan berlebihan ya, karena Tuhan tidak suka orang yang berlebih-lebihan. 


Tag : iseng
52 Komentar untuk "Raja Buah"

sekarang komennya... wah.. jadi inget tahun 98 aku tinggal di sekip mbak... trus suka nongkrong di warung-warung duren ama beberapa teman sambil nyaplok duren..... wow jadi kangen kota medan nih.... he.. he...

Waduuuuh kata orang durian enak ya...
tapi aku nggak berani nyoba ....baru baunya ajah nggak kuat.....
padahal banyak vitaminnya ya,,,,

buah durian,asyik bo..kalo dimadura 'markasnya di Pegantenan Pamekasan.jadi nggak usah ke Palopo. Namun ahir2 ini, kita disuguhi lagi Durian varietas MONTHONG dari Selatan, produk unggulan Kabupaten Sinjai. Marketnya masuk supermarket dan toko-toko buah terkenal di kota Makassar.

daging setebal 3 cm, biji kemps, Mutu, rasa manis,serta aromanya yang khas, bikin kita2 tergiur dan ngiler...akh masak...ya??? ya iyalah. masak iya ya donnng...

bayangkan, daging satu buah durian monthong sajacukup buat lima orang, bahkan bisa jadi harus ngajak Wina, he....

Selain itu, Thailand dikenal sebagai negeri penghasil buah-buahan berkualitas Top dech. apalagi sebelumnya kita2 di Indonesia sudah mengenal buah unggul dari negeri tersebut, berupa pepaya Bangkok ukuran besar dg daging buahnya yang manis rasanya. Tapi lagi-lagi masih lebih manis Tuan Rumah blog ini he...salam duren buat bloger2 setia.

Sebenarnya kulit durian itu enak lho... di masak rawon, caranya kulit durian di potong potong dadu seukuran durinya sebanyak 1kg. daging sapi segar 1 ons. semua bahan di remus bersamaan, tungu hingga matang, langsung diangkat dan ditiriskan.
disuguhkan dalam mangkok besar lah biar tambah asik, cara makannya :
ambil nasi secukupnya, ambil rawon dalam mangok sebanyak banyaknya.... setelah itu sisihkan duri buah durian di pinggir piring makanlah nasi dengan daging sapi saja.. jangan dimakan duri buah duriannya weheheheheheh... kaburrrrrrrr

Aku gak suka buah duriannya Win, aku suka ama yg nulis aja deh, hahahaha...

lha ini maksudnya win sayang, postingannya dah muncul diblognya jengsri tapi pas diklik gak ada ditempatnya win, jengsri bolak-balik gak liat postingan si Raja Buah ini lho. bingung ya win?,hehehe.. jengsri lebih bingung lagi.. judulnya udah keluar kok artikelnya gak ada.

Btw, jengsri gak demen durian nih win, baunya bikin pucing. tapi emak sama abang doyan banget tuh durian, kalo lagi makan jengsri harus 5 km jauh dari mereka,hahahaha.

wew... jengsri juga iya ding...tadi mosting, judulnya aku lupa...dicariin juga tulisannya laman blog yang anda cari nggak ada....hehehehe

hhhmmm... yummy... yummy.. yummmy... bentuknya menggoda banget ga sih.... huhuhu jadi pengen... :D

Ada yang nggratisin lagi ?

Nih baru mlethok 2 buah langsung habis

duriaan......aku ngga suka durian,
baunya itu loh buat aku eneg ama ngebuat kepala jadi pusing

Wih...maknyus maknyus tenan...

ass.
jika udah makan durian sebaiknya makan air putih yang diteteskan ke cangkang duriannya, lalu airnya diminum jadi ga bikin mabuk durian katanya.
wassalam

Jangan menilai sesuatu dari kulitya, siapa yang tahu di dalamnya itu uenaaakkkk banget....!!! :)

Biar enak jangan sampai eneg
Bagi tetangga jangan makan sendirian...

*nggak nyambung dech...* :D

aku suka banget ama buah yang satu ini. BTW, durian di malaysia mana enak ama punya indonesia?

Huhuhu,my durian... Smuanya untuk yah? Y ampun mbk ampe d posting jg nieh durian... Merci yo

yg gak suka durian kok bisa ya? Pdhal enak bgt nieh!!

@ Riosisemut: merayu.....?

Wah Mba aku nonton gambarnya sih kelihatan menariiik banget, tapi senyatanya saya nggak doyan sama durian, aku mnding dikasih mangga, pisang atau yang lain... Mungkin karena cah ndeso yaa kalau makan sedikit saja sudah pusing. Saya suka diledekin sama anak2 saya. Biasanya saya bilang sama istri dan anak2 kalau mau beli durian yaa beli aja tapi nggak usah bilang-bilang...

seorang teman dari jerman mengatakan durian adalah buah busuk, kr dagingnya waktu matang lembek, seperti buah buah yg sudah busuk :P

tpi enakk ahh

wuah, jadi pengin nih, wenak tenaaan...

Durian .. dulu is my favourite. Tapi sejak dokter bilang gak bagus buat calon ibu hamil, ups mundur dech .. he he he

mantap mbak. apalagi kalau jadi es durian,dan sambal durian. Wenak tenant ... ha ha

saya gak suka durian. kenapa ya? biarpun orang lain tergila2 sama raja buah ini. cium baunya aja udah ..hoekk!!

ulasan saya tentang durian: ini buah favorit saya! maka itu saya cinta Indonesia, cm di indo aja yang bebas makan ini buah... hahahhhaa....

emmmmmmmm, jadi pengen...
seumur-umur, jarang banget aku makan durian.

hwaa... gw napsu liat duren nya!! eniwei, ini blog buah-buahan yah? buah semua isinya. hwehehe...

bisa muntah tuh kalo kebanyakan

apalagi dimakan sama kulit2nya

dwin kirim kemari donk
enak banget tuh

Mbak,saya tidak suka durian.Tapi kalo mau diganti yg lain juga boleh.. (emang ada yg bagi2 sesuatu?)

Win... Imut... tlng bilang ke Usman, ada sesuatu yg gak beres dalam blognya. Tulisan 'postkan komentar' nya gak bisa diklik.
Suruh naruh di bawah entri aja, jng pake halaman penuh. Atau kurangin embel2 yg gak bermanfaat itu, biar lbh enteng. Kalo dia gak tau cara mengelola blog, suruh konsultasi ama aku kalo perlu.

Sekalian bilangin, suruh ngambil awardnya ditempatku, segera.

Salam Sayank Selalu : SEMUT

menurut kita durian itu wangi dan enak tp klo orang bule bilang durian itu menjijikkan... hehehe... bener ga tuhh...

tapi orang luar kok kagak doyan ya

I like it.......
Durian Karanganyar maknyuuuusssssssss

aku suka durian sangaaatttttsss!!!
kalo makan bisa sekaligus 2 buah durian buat sendiri hehehe...

itu, baru liat gambarnya aja, udah ngiler..nanti malam cari duren, aahh...

Buat ivan kalo makan durian jangan berlebihan ya, karena Tuhan tidak suka orang yang berlebih-lebihan.


" Dompet kayaknya juga bakalan cemberut klo berlebihan..... " kkekkk..kk...

Ow, duren itu raja buah tho mbak?

dulu jujur ama durian buah yang paling gk saya suka..

tpi sekarang ngeburu durian pengenya.. :D

Weuih, kemarin dapet mangga, sekarang dateng kesini aku di kasih durian he.h.e.. langsung tak lalap habis he.he..

Memang orang bilang durian bisa bikin darah naik ya, apa lagi kalau di lempar durian mentah jiaha..ha.. pasti langsung naik he.h.e..

aku suka Durian tapi gak pernah beli dibawa ke rumah suamiku gak suka sama baunya, katanya rasanyapun mirip rotten onion ah ada-ada saja, padahal uenak tenan

wah, kalau durian kurang suka deh, lebih suka apel atau pear saja ...

mao dong durennya...
gi ngidam nih.. :)

waduh makanan enak tu lo ada bagi ya...
banyak ga di tempat situ kirimya ga ada buahnya baunya pun jadi lah,,,

Wah...Durian memang Favorite saya...Salam Kenal
Sukses...

Wah...Tambah Cantik..pasang Banner Cantik Biaya Gratis...Bahkan Berkesempatan Nambah Income Jutaan Rupiah....

mau nambahin ah ...

ADOOHHH, JADI NGILEEEERRR NIHHH, siapa yang mau ngirim saya durian ? :D

waduh..saya jadi pingin makan duren..nih..hmm...
ntar tak cari ah...

Buah duren buah semangka, buah mangga buah rambutan, itulah sebagian nama buah.

Ada sepupuku yang langsung muntah begitu nyium bau durian.
Menurutku kasian banget nih orang karna gak bisa merasakan enaknya durian.. wakakaka..

numpang nglihat koment nya doang mbak

Back To Top