Raja Buah

Durian adalah nama tumbuhan tropik yang berasal dari Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Durian biasa juga dipanggil duren, bukan duda keren lho... dan orang Sunda menyebutnya kadu.

Durian bukan tumbuhan spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga (genus) Durio.
Nama ilmiah durian komersial adalah
Durio zibethinus, dan memiliki jenis, warna dan bentuk buahnya berbeda-beda dari hijau kekuning-kuningan sampe yang warnaya hijau banget, bentuknya juga beda-beda lho mulai dari bujur hingga bundar.

Buah durian juga memiliki wangi yang kuat dan banyak orang menganggap buah durian sebagai buah yang enak. Masyarakat sering menyebutnya "raja buah-buahan".Tapi nggak semua orang menyukai durian karena sangking wanginya kadang bikin puyeng juga. So nggak heran kalo sejumlah perusahaan melarang orang membawa durian, misalnya di kabin pesawat udara, di kendaraan angkutan umum ataupun dibawa ke hotel.


Tapi untuk orang yang punya penyakit tekanan darah tinggi, kalo bisa hindari makan durian berlebihan  karena buah ini dianggap dapat menambah tekanan pada darah.Sebabnya adalah setiap 100g salut biji mengandung 90kkal meskipun durian juga mengandung vitamin B1, B2 dan vitamin C tapi durian dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak heran kalo durian dianggap makanan panas dan selepas makan kadang kita jadi berkeringat.

Sepertinya segini dulu ulasan tentang durian, buat temen-temen yang mo nambahin silahkan. Durian ini saya tulis berdasarkan permintaan ivan@mobii yang katanya lagi ingin makan durian. Buat ivan kalo makan durian jangan berlebihan ya, karena Tuhan tidak suka orang yang berlebih-lebihan. 


Tag : iseng
Back To Top