Hanger Dengan Sederet Penemunya

Gantungan Pakaian lebih dikenal dengan nama Hanger, yang berarti gantungan. Walaupun tidak diikuti kata “pakaian”, kebanyakan orang yang mendengar kata “Hanger” bisa langsung mengerti bahwa yang dimaksud adalah gantungan pakaian.

Saat ini bentuk Hanger sangat beragam, ada yang dari kayu berpengait kawat, ada yang dililit dengan kain satin dan diberi renda pada tepiannya, ada juga yang murah seharga 15 ribu rupiah selusin. Dan ada Hanger yang lebih murah meriah lagi yaitu hanger yang hanya dibuat dari kawat seharga 10 ribu selusin (tergantung daerah tempat tinggal). Tapi maaf ya... saya bukan mau jualan Hanger tapi saya ingin berbagi tentang kisah dibalik Hanger.

Pada masa sebelum hanger populer ternyata ada banyak nama yang tecatat sebagai pencipta Hanger untuk pertama kalinya, sampai pada hanger yang di modifikasi sesuai kebutuhan dan masih dipakai hingga sekarang.

Sebut saja Albert J. Parkhouse orang yang pertama membuat Hanger dikarenakan dia kesulitan saat harus menggantungkan mantelnya dikantor, lagipula saat itu banyak teman kantornya yang mengeluh akibat sedikitnya cantelan mantel dikantor. Saya lupa bilang kalo si Albert ini orang Amerika, dan penduduk Amerika selalu memakai mantel untuk melindungi diri mereka dari udara dingin, terutama pada saat musim gugur dan musim dingin.



Orang kedua yang merubah bentuk Hanger menjadi lebih baik adalah Schuyler C. Hulett. Dia menemukan kelemahan Hanger ciptaan albert. Hanger Albert hanya terbuat dari kawat yang dilengkungkan berbentuk oval dengan dua sisi kanan dan kiri dililit hingga berbentuk kaitan. Ternyata Hanger ini bisa membuat pakaian yang baru dicuci berkerut dan kelihatan buruk. Schuyler pun menambahkan karton yang digulung dan dililit pada hanger kawat tadi. Hanger ini ternyata mampu mencegah kerut pada pakaian.

Orang ketiga adalah Elmer D. Rogers yang merubah hanger berbahan kawat menjadi bahan plastik berbentuk tabung yang lebih kukuh dari kawat. Hanger seperti ini masih banyak digunakan hingga sekarang. Sedangkan hanger yang terbuat dari kayu diciptakan oleh Thomas Jefferson bertahun-tahun kemudian.

So.. jika kamu membeli hanger, kamu bisa mengetahui siapa yang menciptakan hanger itu untuk pertama kalinya dilihat dari jenis bahanya apakah hanger berbahan kayu, plastik atau kawat.
13 Komentar untuk "Hanger Dengan Sederet Penemunya"

oh gtu yeah. Ternyata sebuah "hanger" aja punya sejarahnya. Mksh dweh ats infone.
Happy bloging aja.

hanger yg dirumah kebanyakan yang plastik >.<
dan baru sekarang kepikiran penemunya >.<

hehe..kita mah taunya langsung pake aja...:d
tp sekarang jd tau deh sapa penemunya diliat dari jenis dari hanger itu...:)

Salam..
wah ternyata hanger jg ada penemux ya... kl gini habis semua, saya lg berikir mau jadi penemu apa y.. :D

Assalamu'alaikum......
Ada tamu nich...hehe.., sebelumnya minta maap.....bangets kalo dulu blm sempat mampir. Maklum pake hp kadang koneksi gak berez aj..

Hmmm...ternyata, hal2 yg kita kira sepele begitu panjang sejarahnya ya...
Wah...kalo gini kita jd lbh bisa menghargai karya orang ya sob....

Sukses sll n salam ukhuwah.... :))

Assalamu'alaikum sahabatku.....
Muza datang nh....hehe....., maap yo dulu gak mampir, maklum ol pake hp, kadang koneksi ga tentu arah. salaman yuuuuk......

Hmmm....hanger yang setiap hari kita pake, ternyata memiliki riwayat ckp panjang. Yach kalo taw sejarahnya gini jd lebih bisa menghargai karya orang *spt muza berusaha menghargai sahabat baik...hehe*. Tengkyu da diingatkan

sukses sll n salam ukhuwah.....:)

ternyata barang begituan saja ada penciptanya, saya pikir itu kerjaan Mas Toha tetangga saya yang suka tak tik bikin sesuatu.

Kalau ditempat saya 'hanger' ada dua pengertian.
Pengertian hanger pertama adalah alat untuk mengantungkan pakaian dan Hanger kedua adalah kalau seseorang marah, seperti " Beko den hanger ang lai".

Good artikel, salam kenal sobat.

duduk di bangku belakang, sambil menyimak sejarah hanger, berarti hang out minjam istilah hanger juga ya non? -blo onya keluar- xixixi
makasih infonya :)

hebat nih dwina sampe hanger aja jadi bahan postingan..

hahahahahahaha, masih ada aja orang yang mengulas hal hal yang aneh.... sejarah hanger... lucu2... andai ada yang mau ngasih tahu sejarahnya cabutan bulu ketiak, pasti malah lebih gak penting,....


heheheheheheheh

Back To Top