Sejarah Payung dan Keunikannya

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pada bulan-bulan akhir tahun biasanya curah hujan lebih besar dibanding bulan-bulan pada awal tahun. Jika melihat atau terkena hujan kita selalu tercari benda yang satu ini. Dialah umbrella atau payung berasal dari kata “umbra” , dalam bahasa Latin yang artinya bayangan.

Payung adalah salah satu peninggalan jaman dahulu pada saat Yunani masih berjaya. Pada masa itu payung digunakan untuk melindungi pemakainya dari sengatan matahari. Tentu saja, pemakainyapun terbatas pada kalangan penguasa, pejabat tinggi atau bangsawan.
 
Di Cina pula payung diciptakan untuk melindungi diri dari curahan hujan, dengan kreatif mereka melapisi payung yang terbuat dari kertas dengan lapisan lilin khusus sehingga payung menjadi keras dan kaku. Jika di Cina, payung digunakan untuk melindungi diri dari curahan hujan. Di benua Eropa payung lebih dikenal sebagai aksesoris para perempuan. Tampilan payung menjadi lebih feminin dengan bahan kain yang diberi hiasan renda pada tepiannya serta ukuran yang lebih kecil dan ringan menjadikan payung lebih digemari perempuan.


Memasuki abad ke-18 seorang lelaki Inggris, Jonas Hanway merombak kebiasaan ini, dengan penuh percaya diri, dia membawa payung ke muka umum dan pada masa selanjutnya para lelaki mulai mengikuti jejaknya. Design payung untuk lelaki berbeda dengan payung untuk perempuan. Payung lelaki lebih besar dan berat, berdesign kaku serta berwarna hitam.

Sekarang payung sudah dimodifikasi sedemikian rupa, dan dapat di pakai oleh siapa saja. Tidak ada lagi perbedaan antara payung untuk lelaki dan untuk perempuan. Pesan saya: sediakan payung sebelum mendung. Karena jika hujan turun, payung bisa digunakan untuk melindungi diri dari curahan hujan. Dan jika mendung berubah menjadi panas, payung juga bisa digunakan untuk melindungi diri dari sengatan matahari :)
Tag : artikel, sejarah
27 Komentar untuk "Sejarah Payung dan Keunikannya"

Assalamu'alaikum Ning
Membaca judul langsung terbayang bahwa negera nenenk moyang payung pasti cina (kebanyakan nonton huang feng hung), eh ternyata salah

kalau saya, sedia mantel/jas hujan sebelum hujan, soalnya naik scooter sih ^_^

payung awalnya sebagai pelindung sengatan matahari?
hm....boleh juga nih inponya. Kirain awalnya buat pelindung hujan

wah,aku udah pernah baca artikel ini Win, tp lupa dimana...
Win, kok link blogku gak ada sih...?
hayooo aku dilupain ya...

BTW, kyknya tampilan blognya berubah ya?
jd simple, trs mulai ngbahas resep jg nih critanya, asik donk, tar aku bagi2 resepnya bwt istriku deh... hehe..

rupanya benda yang kelihatannya sederhana itu telah melalui perjalanan yang sangat panjang...

Berarti payung pertama kali dari yunani ya sob??? baru tau aku hhe... klo di China sih aku pernah baca tapi klo yg yunani baru tau ini hhe... thnx 4 share Sob..

happy blogging n met weekend :P

Yuuup,,,akhir2 ini emang lagi sering ujan...butuh payung...selama setahun di pekanbaru aku uda 3x ganti payung...hehehee

Mbak di pekanbaru juga kan???
Btw,,,emg komen di blog aku dimoderasi kok...

udah dari dulu pake kalau pas hujan...eh ternyata asal usulnya baru tau sekarang... :D

wah, baru tau nih payung awalnya buat para cewek aja, hehhe...

Sediakan payung sebelum mendung?? Setuju... :) :)

eh, numpang inpoh, cerbungnya udah dilanjutin tuh, hehehe..

Semakin extrime aj nih postingan ante wina skrang, Ga kayak dulu yang melow2 dan berpuisi ria tetapi Mbun suka dgn style nulis yg sperti ini karna bs menambah wawasan bg yg membaca nya.. Lanjutkan...

kalo dari namanya, sepertinya payung itu dari Cina. Pa Yung, mungkin itu panggilan pembuatnya, atau dari Padang? Pak Yung, panggilan untuk si Buyung yang berjualan barang itu.

pantesan dulu ada cerita pendekar payung sakti dari cina(ngarang hehehe) btw tq infonya :)

sedia payung sebelum hujan

makasih ulasannya yg menambah wawasan

Iya mbak,,,aku di pku...kos di jalan merak...
Mbak istrinya bang atta kan???? :)
Kantorku di sudirman,,,samping bank riau...
Sebenernya pengen ikutan kumpul blogger bertuah,,,tapi sayang bgt gak pernah bsa,,,coz ngepas bgt ma jadwalku ke Tangerang..hehee
Kapan ada kumpul2 lagi mbak????

Salam
Begitulah kegunaan payung kawan..
Bisa tuk cuaca panas dan hujan..
Nice share..

Salam kawan

ternyat awal2nya payung diciptakan utk menahan teriknya panas sinar matahari ya, bukan utk hujan
terimakasih utk infonya.
salam

mampir disini sobat..
hmmm ternyata payung memeiliki sejarah yang cukup panjang, seiring bertambahnya kemajuan jaman payung menjadi sebuah mode dan trend di negara² tertentu

ternyata payung sejarahnya panjang juga, walau sudah biasa pakai payung tapi baru sekarang tahu sejarahnya he.he.he

wah ternyata dijaman dulu payung lebih sebagai fashion ya,, met malam mbak..

makasih y ante dwina infonya.
heheheh..^_^

Jadi inget bogor, disana rasanya semua orang nyimpen payung lipet di tas, apalagi mahasiswa, wkakakakaak.... tapi herannya payung kalo gak rusak, ya ilang...jadi suka beli bolak-balik...

Met pagi aku. datang..... Wah postingan yg ayam cabe hijaunya gak boleh dikoment ya sob? ya udah deh... Met liburan aja Happy blogging :P

juga bisa buat mukul anak nakal, hehehehe

di film-film malah suka dibuat jadi senjata...

Zahia juga punya payung imut Aunty, ada mata, hidung, dan telinganya. Dibeliin Eyang di Jakarta. Warna pink & ungu. Aunty mo pinjem ga??

Back To Top