Korset Nenek Moyang Bra

Jika teman-teman membaca judulnya, saya harap jangan dulu berfikiran negatif. Tak bisa dipungkiri bahwa pakaian dalam perempuan yang satu ini sangat penting dan tidak bisa di sepelekan keberadaannya. Manfaatnya sangat besar terutama bagi kaum perempuan. So.. bagi para lelaki postingan kali ini bisa dijadikan tambahan pengetahuan. Dan bagi perempuan adalah baik kalau kita mengetahui sejarah dibalik pakaian dalam yang selalu kita kenakan.

Jauh sebelum munculnya Bra, kaum perempuan lebih dulu mengenal korset yang ditemukan pertama kali oleh Catherine de Medici seorang bangsawan yang terobsesi ingin memiliki bentuk pinggang yang ramping. Bahkan sangking rampingnya mereka menetapkan ukuran pinggang perempuan sekitar 10-13 inci. Walaupun pemakaian korset membuat sakit terutama di bagian perut dan dada. Pada masa itu perempuan berlomba-lomba memakai korset untuk mendapatkan bentuk pinggang yang ramping.



Kemudian pada tahun 1913, seorang perempuan bernama Mary Phelps Jacob secara tidak sengaja menemukan korset yang lebih sederhana dan tidak menyakitkan. Ketika perempuan New York ini ingin menghadiri acara makan malam, dia ingin mengenakan gaun malam dan pemakaian korset ternyata merusak penampilannya. Mary yang kreatif kemudian membuat pakaian dalam dari dua buah sapu tanganya dan di beri pita. Tanpa sadar Mary menemukan bra yang pertama.

Bra sendiri berasal dari bahasa Prancis kuno yang berarti “lengan atas” . Mary pun mulai terjun kedunia bisnis dengan menjual bra buatannya sendiri. Namun sayang usahanya pailit dan kemudian perusahaan bra milik Mary terjual. Pada perkembangan selanjutnya seorang imigran Rusia memodifikasi bentuk bra yang semula datar kini memiliki “mangkuk” yang berbeda ukuran sesuai dengan payudara perempuan.

Jika kata Bra berasal dari bahasa Prancis, maka kata “BH” yang dikenal di Indonesia adalah singkatan dari Buste Hounder (bahasa Belanda) yang artinya pemegang payudara. Indonesia mulai mengenal pemakaian Bra ketika Belanda menjajah negeri ini. Melalui para perempuan atau none Belanda yang telah mengenal jenis pemakaian Bra sebelum masuk ke Indonesia.
20 Komentar untuk "Korset Nenek Moyang Bra"

Salam sobat..
Gitu ya sob... ternyata dari bahasa belanda tu BH..!
makasih saya cwo buat nambah pengetahuan az :D

baru tau tentang sejarah Bra... kalau kata BH yang dari bahasa belanda pernah tau, dan memang sedikit banyak bahasa Indonesia banyak mengadopsi bahasa belanda ^^

wah, keren mbak...

tak save y?! hehehe...

Wah jadi tahu sejarah pakaian dalam wanita nih mbak. Hehe.


Salam.

Jadi... ada 'untung'nya ya kita dijajah Belanda dulu... hahaha

Thanks banget utk sejarahnya ya... aku baru tahu nih.

Perempuan Indonesia ikut-ikut None Belanda kalo begitu. Di Indonesia perempuan dulu nggak pake apa-apa memang, buktinya di Bali perempuan kampung pada terbuka bebas, saya yakin di Jawa juga demikian dulu.

kukira bahas korset punya nenek hehehehe, btw tq info sejarahnya :)

bra itu brasal dr bahasa prancis kuno yg brarti lengan atas tho... Bru tau aku

sebuah perjalanan yg lumayan panjang dari korset menjadi bra ya..:)

:oops: aku ikutan baca mbak. hehe...
kabur ah...

Hmmm...sejarah Bra rupanya...saya lihat sekarang bra sudah semakin mini, sudah tidak sebesar mangkuk, tapi sekecil ****** :D

oh gitu, dulu saia kira dari bahasa inggris : breast holder, baru ngerti.. makasih infonya :D

hem, aku taunya itu dari bahasa inggris brast holder, ternyata ada singkatan bahasa belandanya juga yah. hehe..

informasi yg sangat menarik nih. sering lihat di film2 yg settingnya jaman-jaman wanita harus mengenakan korset sebab bentuk tubuh perempuan dengan pinggang sangat ramping adalah yg ideal, betapa menyiksanya korset bagi wanita... :'-( Untung sekarang ini kaum perempuan tidak harus menderita seperti itu lagi ya...

Penting sekali untuk kaum Hawa mengetahui sejarah dan penamaan benda yang menjadi kehidupannya setiap hari.

Dengan mengatasi permasalahan yang kecil; maka, kita dapat mengatasi permasalahan yang besar.

Sukses selalu

Salam ~~~ "Ejawantah's Blog"

walah,,,gitu toh asal usulnya...
baru tau aku...hehehhehee

saya malah baru tahu BH itu artinya Buste Hounder wakaka :D nice info sangat bermanfaat sekali

sebelum saya baca postingan disini saya nggak tahu BH itu singkatan dari apa..he.he
Terimakasih mbak.. :)

Back To Top