SEJARAH AMBULANS

Kira-kira apa yang terjadi jika kita belum mengenal ambulans? tentu saja kita kebingungan, apalagi jika dalam kondisi perang atau terjadi bencana alam. Sebenarnya bagaimana asal mulanya kendaraan khusus yang mengantar pasien dari tempatnya semula menuju rumah sakit terdekat ini diciptakan? Berikut sedikit sejarah mengenai ambulans dan pengangkutan apa yang digunakan untuk mengantar pasien sebelum ambulans di gunakan.


Bermula pada abad ke -11 ketika seorang bangsawan bergelar Knights of St. John bertindak sebagai paramedis gawat darurat pertama selama perang Salib. Keahlian John diperolehnya lewat pengajaran beberapa dokter di Yunani dan Arab. John berusaha memberikan bantuan semampunya pada korban perang khususnya pada prajurit yang terluka. Dia dan beberapa rekannya memindahkan para korban perang ke tempat yang lebih aman dengan cara mengangkat mereka satu persatu dengan tandu yang sederhana untuk mendapat perawatan medis.

Pada tahun 1972, seorang dokter bedah militer dari Angkatan Darat Perancis, bernama Baron Dominiquie Larrey membentuk tim medis pertama. Ketika perang dunia berkecamuk dia dan para anggotanya terjun kemedan perang dan berhasil membawa berpuluh-puluh korban perang yang terluka dengan menggunakan tandu dan gerobak sederhana menuju rumah sakit terdekat.

Memasuki Abad ke-20, ketika kendaraan bermesin mulai di kenali, gerobak yang semula digunakan untuk membawa pesakit perlahan mulai beralih kepada ambulans dan pada abad ini ambulans bermotor pertama digunakan. Adapun layanan dalam bentuk helikopter diperkenalkan oleh Amerika Serikat selama Perang Korea yaitu sekitar tahun 1950-an.Selanjutnya, ambulans tidak hanya digunakan untuk membawa pasien dari tempatnya semula menuju rumah sakit, tapi digunakan pula untuk memberikan perawatan medis keliling.

Semacet dan sepadat apapun kondisi jalan raya, akan selalu ada ruang untuk kendaraan yang satu ini, ia terus melaju kencang. Ibaratnya, sehela nafas mereka sangat bergantung pada kecepatan supir ambulans membawa mereka menuju rumah sakit terdekat. Tanpa ambulans, nyawa mereka mungkin tidak bisa di selamatkan.
Tag : artikel
33 Komentar untuk "SEJARAH AMBULANS"

sedihnya kadang kalo di jkt yang macetnya parah, ambulans tetep aja kena macet.
kalo disini, kalo ada ambulans, semua mobil harus berhenti dan minggir biar ambulans bisa jalan.

wow... baru tau nie tentang sejarah ambulance >.<

makasi sharenya mba' ^^

ternyata sejarahnya ambulans panjang juga ya mbak

mantap informasinya tumben nih post nya terbit subuh

saya pernah menjadi penumpang ambulans ini mba :(
menjadi pasien yg terbaring lemah,yg dikirim ke R yg lebih besar untuk tindakan lebih lanjut....

huhuhu,rasanya tidak enak :)

*apa kabar mba ?
hemmm,senangnya kembali main ke sini ^_*

untuk daerah macet, sulit dengan media transport mobil ambulans...ada kasus pasien keburu parah/meninggal karena terjebak macet.

Wah jadi nambah ilmu ni, makasi ya mb.Wina :)

hihi.. ternyata dr gerobak awalnya.

nice info mbak!
:)

setuju, ambulans memang selalu menjadi prioritas, bahkan ketika di jalan raya yang padat sekalipun, klo sirine nya udah bunyi, plus lampu merah di atapnya udah on, artinya semua pengguna jalan harus memberikan kesempatan bwt ambulans bergerak lebih dulu.
Aku jd inget wkt kul, gr2 kesorean, gak dapat mobil, aku sm tmn2 nebeng di ambulans(gak boleh sbnrnya y?tp, itu bapak baek, jd kt dksh tumpangan). Beruntungnya kita, meski jln macet, ambulansny tetep melaju, jd gak ngerasain kemacetan,hehe...

Terima kasih utk infonya... baru tahu nih mbak.
Profesi sopir ambulans.. yang dipandang sebelah mata, sesungguhnya sangat mulia karena sang sopir selalu berusaha sekuat tenaga sampai di tujuan dg cepat demi keselamatan nyawa seseorang.

salam kenal ,Bintang
terimakasih utk kunjungannya ke blog bunda yg seadanya
semoga silaturahim kita tetap terjaga dlm kebaikan, amin

ambulans memang sangat vital keberadaannya pd saat2 kritis seperti perang atau bencana alam ,pd zaman yg kian canggih kini malah tersedia ambulans udara.
salam

Supir ambulan itu kayak pembalap, nyupirnya kenceng banget.

Makasih yah dah berkunjung salam kenal.

salam silaturahim, maaf lama saya tak mampir. Apakabar, pengantin?

tapi, saat macet total ambulans tetap sulit maju ya, mbak, kasihan penumpang yang sakitnya

salam sobat
benar,ambulans,berjasa untuk orang sakit juga untuk mengantar jenazah.

untuk kondisi saat ini pelayanan ambulans makin baik dan modelnya tak menakutkan lagi, ternyata itu kisahnya si ambulan to non...

Salut buat pak sopir yg selalu siap siaga mengantar org sakit bahkan mayat sekalipun tanpa takut.

Tengkyu n salam ukhuwah sekalian ijin follow ya..

Itu ya sejarah ambulans.. Soal istilah ambulans itu darimana ya apa ada artinya?..

yg unik itu tulisan ambulance yg terbalik itu...:)

kunjungan akhir pekan ^^

infonya menarik

Jadi itu toh templtenya,,

Templateny bagus,,

baru tau aku sejarahnya ambulance :) tq 4 share, sayangnya ambulan sering disalahgunakan oleh supirnya, kdg gak ada pasien sirine dinyalain biar bisa lebih cepat :)

Baru tau sejarahnya ambulans, tq 4 share :) sayangnya ada byk supir usil yg nyalain sirine meski gak ada pasien biar bisa ngebut :)

posting yg sngt informative! jadi tau deh sejarah ambulans...
Makasih sdh berkunjung ke THE NOTE.
Appreciate your kindly visit and comment.

nensa

keberadaan ambulans sangat duperlukan saat ini, aku ngebayangin kalau seandainya dulu orang tidak menemukan ambulans pasti repot banget,, kalau ada pasien harus digendong kerumah sakit.. :D

salam sahabat.

paling enak ngikutin dibelakang mobil ambulans,,, :D

Mba ngomongin ambulans aku ingetnya hantu ambulans. hiiy.. :((

Oooo gt ya...
pantesan ambulan suka ngebut, seruduk sana seruduk sni... mlhn ada kejadian tu ambulans nabrak mobil karena ngambil jalur orang... bknx nolong orang sakit tp malah nambah orang sakit...ckckck

kalau disini setiap ada ambulan kendaraan lain harus menyingkir dan menepi.......

dulu ada kendaraan yg membandel sehingga pengendaranya tewas ditabrak ambulan....tapi anggota keluarga tidak bisa menuntut karena pengemudi ambulan terlindungi oleh hukum karena menjalankan tugasnya.....ini kisah nyata lho di bali!!!

Saya tahunya malah asal usul tulisan ambulans yang seringkali tertulis terbalik. Ternyata biar para pengendara di depan tahu dan langsung bisa membaca (lewat spion) kl akan ada ambulans lewat.

kenapa tulisan ambulance sring ditulis kebalik?

bs dimaklumi kl ambulans lewat semua kendaraan akan menepi..utk membantu menolong nyawa seseorang yg memerlukan pertolongan dng segera..:)

tadi mampir ke artikel osegn2 kacang panjang kok gak bisa koment ya

Back To Top